Kebakaran Hutan British Columbia Masih Terus Berlanjut Meskipun Suhu Mulai Turun

Kebakaran Hutan

Meskipun terjadi penurunan suhu yang sedikit dan peningkatan kualitas udara di sebagian besar wilayah Interior British Columbia. Pertempuran melawan kebakaran hutan di provinsi ini masih terus berlanjut.

Sejak musim kebakaran dimulai pada tanggal 1 April, lebih dari 2.000 kebakaran telah melanda provinsi ini. Mengkonsumsi lebih dari 2,25 juta hektar lahan. Dampak dari kebakaran-kebakaran ini tidak terbatas pada daerah terpencil saja. Karena beberapa di antaranya telah mendekati daerah perkotaan yang padat penduduk. Sehingga menjadikan ini sebagai musim kebakaran paling bencana yang pernah tercatat di British Columbia.

Biasanya, bulan September menandai penurunan risiko kebakaran hutan. Tetapi munculnya kebakaran baru, bersamaan dengan upaya terus-menerus untuk mengendalikan kebakaran yang sudah ada, menantang tren ini. Beberapa kebakaran bahkan sudah berada di luar kendali, sehingga menghadirkan ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Deklarasi keadaan darurat provinsi masih berlaku. Dengan 4.200 orang berada dalam perintah evakuasi dan hampir 65.000 orang berada dalam kewaspadaan evakuasi tinggi. Situasi yang memprihatinkan ini semakin diperparah oleh kenyataan bahwa hampir 75% dari kebakaran hutan tahun ini disebabkan oleh petir. Sementara kebakaran yang disebabkan oleh manusia hanya sekitar 25%, dan 129 kebakaran lainnya memiliki asal-usul yang tidak diketahui.

Krisis ini semakin memburuk oleh kekeringan yang melanda sebagian besar British Columbia

Dengan sebagian besar wilayah provinsi ini berada dalam Drought Level 4 dan Drought Level 5, yang merupakan klasifikasi kekeringan yang paling parah dalam skala kekeringan.

Kombinasi kondisi yang tidak menguntungkan ini telah menciptakan musim kebakaran yang luar biasa. Meskipun sudah pasti bahwa musim kebakaran hutan ini akan berakhir pada suatu saat, dan ancamannya akan mereda, tetap penting bagi kita untuk tetap waspada dan siap menghadapi potensi kebakaran hutan. Persiapan ini termasuk memiliki rencana evakuasi yang siap digunakan, serta memastikan respons cepat terhadap pemberitahuan evakuasi baru atau perintah.

Sementara hari akan datang ketika kebakaran hutan tidak lagi menjadi ancaman serius, untuk saat ini, perencanaan dan kesiapsiagaan adalah hal yang sangat penting dalam melindungi nyawa semua orang yang mungkin berada dalam jalur musim kebakaran yang tak kenal lelah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *