Kebakaran Hutan Glen Lake: Angin Kencang Mendorong Ekspansi Kebakaran

Asap dari kebakaran hutan Glen Lake terlihat dari kejauhan.

Dalam waktu kurang dari 24 jam, kebakaran hutan Glen Lake yang diduga disebabkan oleh manusia mengalami perkembangan yang sangat cepat. Meluas hingga mencakup area seluas 445 hektar. Pada sekitar pukul 8:30 malam pada hari Minggu, Layanan Kebakaran Hutan BC (BCWS) melaporkan perkiraan ukuran terbaru ini. Hanya satu hari setelah kebakaran itu pertama kali ditemukan sekitar pukul 6:30 sore.

Pertumbuhan yang pesat ini diperkuat oleh angin kencang dari arah barat dan barat daya pada hari Minggu. Yang berlangsung dengan konsisten pada kecepatan antara 20-30 km/jam dengan kilatan angin mencapai lebih dari 40 km/jam selama siang hari.

Kebakaran ini awalnya muncul sekitar 15 kilometer sebelah barat Peachland. Namun akibat angin yang mendorongnya ke arah timur, menuju komunitas dan Hwy 97C.

Sayangnya, hari ini diperkirakan akan menghadapi kondisi angin yang serupa. Seiring dengan ramalan dari Environment Canada yang memperkirakan adanya angin dari arah barat laut pada kecepatan sekitar 30 km/jam. Dengan kilatan angin yang mungkin mencapai hingga 60 km/jam antara pukul 11 pagi dan 9 malam.

Menurut BCWS, kebakaran tersebut menunjukkan perilaku yang sangat agresif pada hari Minggu. Bahkan kadang-kadang mencapai peringkat lima dalam skala penilaian mereka. Untuk mengatasi situasi ini, upaya pemadaman dilakukan oleh tim darat dan sumber daya udara. Yang semuanya dikoordinasikan oleh tim manajemen insiden Grouse Complex. Tim ini juga bertanggung jawab atas operasi pemadaman kebakaran hutan McDougall Creek yang berdekatan.

Perintah evakuasi masih berlaku untuk delapan properti rekreasi di sekitar kebakaran ini, yang berlokasi di sepanjang Glen Lake Forest Service Road

Selain itu, Central Okanagan Emergency Operations (CORD) telah mengeluarkan peringatan evakuasi untuk semua daerah yang berada di sebelah selatan Peachland Forest Service Road. Mulai dari penunjuk 5 km hingga melewati Brenda Forest Service Road hingga batas antara RDCO dan RDOS.

Walaupun sebagian besar wilayah yang terdampak adalah tanah mahkota yang sebagian besar digunakan untuk kegiatan rekreasi, penting bagi semua yang berada dalam zona peringatan evakuasi untuk selalu siap untuk evakuasi mendadak, seperti yang dijelaskan dalam pemberitahuan dari CORD pada hari Minggu.

Asap dari kebakaran tersebut telah sangat terlihat di seluruh wilayah Okanagan dan juga bagi para pengendara di Hwy 97C pada hari Minggu, dan diperkirakan hal yang sama akan terjadi lagi hari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *